Pages

Subscribe:

Labels

KISAH (1) Koperasi (1) SHALAT (1)

Jumat, 24 Oktober 2008

Sistim Informasi Manajemen (Bag1)

Siapakah para pemakai komputer dalam Sistem informasi manajemen?
Awalnya, pemakai output komputer adalah pegawai administrasi di bagian akuntansi, yang komputernya melaksanakan aplikasi seperti pembayaran gaji, pengelolaan persedian, penagihan piutang. Sebagian informasi juga disediakan bagi para manajer, tetapi hanya sebagai produk sampingan dari aplikasi akuntansi.
Gagasan untuk menggunakan komputer sebagai suatu sistem informasi manajemen (SIM)., merupakan trobosan besar, Karena menyadari kebutuhan para manajer akan informasi untuk pemecahan masalah. Saat perusahaan-perusahaan menjangkau konsep sistem informasi manajemen (SIM), mereka mulai mengembangkan berbagai aplikasi yang secara khusus diarahkan untuk mendukung manajemen.
Tetapi bukan hanya manajer yang memperoleh manfaat dari semua ini. Non-manajer dan staf ahli juga menggunakan output-nya. Para pemakai juga berada diluar perusahaan. Para pelanggan menerima faktur dan laporan, para pemegang saham menerima cek deviden, dan pemerintah menerima laporan pajak. Jadi istilah sistem informasi manajemen (SIM) sebenarnya tidak memberikan gambaran yang menyeluruh. SIM bukanlah suatu sistem untuk memproduksi informasi manajemen, melainkan pemecahan masalah.
Kita mengetahi bahwa para pemakai komputer meliputi:
1. Manajer
2. Non-manajer
3. Orang-orang dan organisasi-organisasi di dalam lingkungan suatu perusahaan.
Jadi untuk anda yang ingin menjadi manajer, anda harus ahli dalam komputer yang berkaitan dengan suatu informasi manajemen dalam suatu perusahaan yang memberikan manfaat kepada pihak intern maupun extern.

Kemampuan komputer yang semakin baik mendukung informasi manajemen
Dalam hal ukuran dan kecepatannya, komputer-komputer tahun 1950-an dan 1960-an tampak seperti dinosaurus, mengapa demikian? Karena ukurannya sangat besar dan ditempatkan dalam ruangan yang cukup besar, dan hanya boleh disentuh oleh para spesialis komputer perusahaan. Para pemakai tidak boleh berhubungan langsung dengan perangkat keras (hardware), tetapi pengaturan seperti dirasa cocok oleh para pemakai. Umumnya, pemakai tidak tahu cara menggunakan komputer dan takut untuk belajar.

Para pemakai sekarang, sebaliknya, sangat mungkin memilki terminal keyboard atau komputer mikro diruangan mereka. Banyak komputer mikro yang dihubungan dengan komputer-komputer lain dalam suatu jaringan. Bukan hanya komputer yang tersedia, para pemakai pun tahu cara menggunakannya.
Para pemakai sekarang tidak memandang komputer sebagai sesuatu yang istimewa tetapi bagian perlatan kantor yang dibutuhkan, seperti halnya meja, telepon, mesin photocopy, dll.

Bagaimana informasi dikelola, Sistem informasi manajemen (SIM)
Kita dapat melihat dengan mudah bagimana manjer mengelola sumber daya fisik, tetapi manajemen juga mencakup pengelolaan sumber daya konseptual. Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna, Ia kemudian memastikan bahwa orang yang layak dalam organisasi menerima informasi tesebut dalam bentuk yang tepat pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan.
Akhirnya manajer membuang informasi yang tidak berguna lagi dan menggantikannya dengan informasi yang mutakhir dan akurat. Seluruh aktivitas ini; memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin, dan membuangnya pada saa yang tepat, disebut manajemen informasi.

Jenis-jenis Utama Sumber daya sistem informasi manajemen (SIM)
Manajer mengelola lima jenis utama sumber daya:

1. Manusia
2. Material
3. Mesin (termasuk fasilitas dan energi)
4. Uang
5. Informasi (termasuk data)
Tugas manajer adalah mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan dengan cara yang paling efektif.

Empat jenis sumber daya yang pertama memilki wujud; merek aada secara fisik dna dapat di sentuh. Kita menggunakan istilah sumber daya fisik untuk menggambarkannya. Jenis sumber daya kelimma, informasi memiliki nilai dari apa yang diwakilkannya, bukan dari bentuk wujudnya. Kita menggunakan istilah sumber daya konseptual untuk menggambarkan informasi dan data. Para manajer menggunakan sumber daya konseptual untuk mengelola sumber daya fisik.
Apa itu sistem informasi manajemen (SIM)
Filed Under: Sistem Informasi Manajemen 0 Comments
Sebelum dijelaskan pengertian (SIM) Sistem Informasi Manajemen, akan dijelaskan dahulu apa itu informasi, yaitu salah satu jenis utama sumber daya yang disediakan bagi manajer. Informasi dapat dekelola seperti halnya sumber daya yang lain, dan perhatian pada topik ini bersumber dari dua pengaruh.
1. Bisnis telah menjadi semakin komples
2. Perkembangan komputer yang semakin maju dan canggih
Output informasi dari komputer digunakan oleh para manajer, non-manajer, serta orang-orang dan organisasi2 dalam lingkungan perusahaan. Manajer berada pada semua tingkat organisasional perusahaan, dan dalam semua area fungsional. Manajer melaksanakan berbagai fungsi dan peran, dan untuk berhasil, manjer perlu memerlukan keahlian dalam berkomunikasi dan pemecahan masalah. Manajer perlu mengerti komputer (computer literate), tetapi yang lebih penting, mereka perlu mengerti informasi (information literate).
Jadi pengetian sistem informasi manajemen itu sendiri adalah “suatu kumpulan elemen2 yang berupa prosedur2 yang menggunakan sumber daya untuk menyediakan suatu informasi kepada para manajer, dan pihak yang membutuhkan untuk menjalankan suatu kegiatan tertentu demi mencapai tujuan”.

0 komentar: